Bismillahirrahmaanirrahiim

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan semesta alam, yang senantiasa mencurahkan nikmat dan anugerah kepada makhluk-Nya.Sholawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga, para sahabat dan para pengikutnya sampai akhir zaman.

Atas berkat, kudrat dan inayah Allah Subhanahu Wa Ta’ala  serta tekad dan kerjasama semua pihak, Alhamdulillah program Rintisan Balai Belajar Bersama (RB3) kerjasama antara YPI Assa’idiyyah dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah terlaksana dengan sukses dan lancar.

Mendirikan, membina dan mengembangkan lembaga Pendidikan formal dan Non formal yang efektif dan efisien yang berasaskan dengan dasar pendidikan agama islam, merupakan kewajiban kita bersama sesuai dengan perintah Allah didalam qur’an dan Hadist yang mewajibkan setiap muslim laki-laki dan perempuan untuk menuntut ilmu, pendidikan diarahkan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia serta meningkatkan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, dan tentunya dengan pendidikan dapat meningkatkan akhlak mulia, aqidah yang lurus dan wawasan keislaman yang luas, dengan begitu akan terwujud satu Negara “baldatun thoyyibatun wa Rabbun ghafur” (Negara yang makmur dan dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta’ala).

Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan masyarakat berbasis pada kerangka kerja “Peningkatan Karakter dan Budaya Masyarakat Cipanas yang Bermartabat, Berwawasan, dan Bertakwa”. Dengan demikian, InsyaAllah dengan Program-program Rb3 ini dapat meningkatkan SDM penduduk yang masih mempunyai keterbatasan keaksaraan yang memadai untuk mengakses informasi yang dapat di gunakan untuk beradaptasi dan mengatasi berbagai masalah ekonomi, social dan budaya. Apa yang terjadi pada perhelatan Program Rintisan Balai Belajar Bersama (RB3) di YPI Assa’idiyyah adalah bukti nyata perhatian Pemerintah terhadap Pendidikan Nonformal dan Informal, karena itu perlu digali dikedepankan dan terus ditingkatkan guna menghasilkan program edukasi dan kreasi – kreasi baru yang lebih cerdas di tahun mendatang.

Akhir kata, semogapenyelenggaraan Program Rintisan Balai Belajara Bersama (RB3) menjadi titik awal kebangkitan Pendidikan Masyarakat berbasis Agama, Pendidikan, ekonomi kreatif dan tentunya tanpa meninggalkan nilai – nilai budaya setempat. Ahirnya, semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Aamiin…

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.